Selamat Datang Di KDB Atau Di http://komodo-download.blogspot.com

Sabtu, 18 Desember 2010

Teknologi LTE Rentan Saat Cuaca Buruk

Teknologi LTE atau Long Term Evolution sangat berguna saat menjelajah internet dengan layanan 4G. Tetapi, LTE bukanlah teknologi yang kebal terhadap cuaca buruk. Performa terbaiknya akan segera hilang ketika cuaca buruk datang menyerang.
Ketika diuji, bandwith downlink menggunakan TDD atau Time Division Duplex pada frekuensi 2.3GHz mencapai 80MHz. Sedangkan uplink yang dicapai menyentuh 20 MHz. Hasil yang diperoleh tersebut dicapai dengan kondisi jaringan yang sepi trafiknya. Uji coba tersebut hanya dilakukan pada koneksi video streaming tanpa putus ke server Ericsson di Swedia, jadi uji coba masih sangat terbatas.
Menurut Kusuma Lienandjaja dari Ericsson Indonesia, penggunaan Jaringan LTE masih cukup memuaskan meskipun digunakan banyak orang dan trafik yang padat pada penggunaan sehari-hari nanti. Beliau menyampaikan, “Jaringan LTE bisa melayani 1000 pengguna per node B. Nanti speed 80 Mbps downlink ini akan dishare. Aplikasi pada umumnya masih lancar. Namun untuk video streaming belum tentu tanpa putus, kecuali pakai end to end QoS (quality of services).”
Masih menurut penilaian Kusuma, teknologi LTE akan beroperasi dengan baik pada frekuensi 2,3GHz dengan memanfaatkan 60MHz yang masih lowong. Setidaknya digunakan 20 MHz untuk pita frekuensi dan 5 MHz untuk guardband sebagai penyangga agar tidak bertabrakan dengan Wimax 16d.

0 komentar: