Selamat Datang Di KDB Atau Di http://komodo-download.blogspot.com

Jumat, 24 Desember 2010

Google Menangkan Gugatan Tentang Nama Android

Google baru saja memenangkan gugatan mengenai nama Android yang digunakan pada OS mobile buatannya. Keputusan ini dijatuhkan seorang hakim setelah kasus ini muncul sejak pertengahan 2009 lalu lewat gugatan Erich Specht.
Erich Specht sebagai penggugat sebelumnya mengatakan bahwa dirinya memiliki hak atas nama Android dan menuntut Google membayar ganti rugi atas penggunaan nama Android di OS mobile yang dibuatnya. Namun hakim memutuskan bahwa Google adalah pemilik sah nama Android meski sejak tahun 2007 merk dagang (trademark) Android bagi Google tidak disetujui.Gugatan ini ditolak hakim karena sepertinya Specht hanya berusaha untuk mendapatkan bagian atas merk dagang Android ini meskipun sebelumnya dirinya telah tidak menggunakan nama tersebut sebelum Google Android mulai populer.
Pada tahun 2003 Specht telah berhenti melakukan usaha melalui sebuah perusahaan bernama Android Data. Dia berusaha menjual aset perusahaan tersebut termasuk merk dagangnya. Namun karena usaha tersebut tidak berhasil dirinya kemudian mengabaikan nama tersebut dan membiarkan domain AndroidData.com kadaluarsa.
Baru pada saat Google berusaha untuk membeli merk dagang atas Android di tahun 2009 Specht mulai berusaha menghidupkan kembali perusahaan tersebut sebelum kemudian mengajukan gugatan. Hakim kemudian memutuskan berpihak pada Google dan tidak mengabulkan gugatan Specht karena maksud Specht semata-mata hanya ingin mendapatkan bagian uang atas merk dagang Android tersebut.

0 komentar: