Selamat Datang Di KDB Atau Di http://komodo-download.blogspot.com

Minggu, 12 Desember 2010

Hemat Biaya saat Roaming Internasional

Pengguna BlackBerry acap khawatir dengan mahalnya biaya roaming (menerima) GPRS saat berada di luar negeri, sehingga banyak penggunanya yang memilih tak mengaktifkan layanan BlackBerry nya saat berada di luar negeri.

Berikut ini solusi agar pengguna BlackBerry tidak merasa rugi lantaran harus kehilangan informasi penting di saat mereka me-non aktifkan lackBerry nya hanya kare­na berada di luar negeri.

Sebaliknya, karena ketidaktahuan ter­hadap adanya biaya roaming, pengguna BlackBerry terus saja mengaktifkan layanan BlackBerry. Bahkan pada setiap de­tiknya saat menerima email, melayani chat­ting, dan lain lain yang terus saja masuk ke BlackBerry nya. Barulah ketika kembali ke Indonesia terkaget-kaget begitu mendapat pemberitahuan tagihan bulanan yang be­sarnya cukup fantastis!

Untuk menghindari kedua hal di atas, pengguna BlackBerry yang melakukan perjalanan ke luar negeri, perlu melakukan tahapan-tahapan di bawah ini:
  1. Ketika kita tiba di suatu negara namun tidak mendapatkan network roaming part­ner di area tersebut, maka segera lakukan change network (ubah jaringan secara manual) atau perbaharui lokasi jaringan (update location network) dengan cara masuk ke menu lalu pilih Options > klik Mobile Network > klik Network Selection Mode > ubah otomatis ke manual > klik Scan Available for Network > Pilih Roam­ing Partner Isat (Indosat) > klik Save. (ter­lampir roaming partner Indosat).
  2. Jangan matikan layanan pada saat yang tidak tepat. Misalnya ketika sedang tidur, mandi, makan malam, meeting, dsb. Masuk saja ke menu Options > klik Mobile Network lalu ubah data layanan dari aktif (On) ke non aktif (Off), ketik roaming atau bisa juga dari Manage Connections > klik Mobile Network Options > klik Data Ser­vices kemudian atur ke Off When Roam­ing. Sebagai informasi dengan mematikan layanan data layanan (service) kita tetap dapat menerima Panggilan, SMS dan MMS.
  3. Jika anda pengguna layanan Black­Berry Internet Service (BIS) dan anda ingin layanan data tetap aktif sementara email account yang dipush ke handheld lebih dari 1 bahkan sampai 10 email account (apa­lagi jika email account tersebut tergabung dalam mailing list seperti yahoogroups), maka untuk sementara email2 yang kurang penting sebaiknya di non-aktifkan dengan cara login di BlackBerry webclient www. indosat.blackberry.com pada menu email account lakukan delete email tersebut, lan­jutkan > add email account ketika kembali di Indonesia.
  4. Non aktifkan semua layanan instant messaging terutama FaceBook. Aktifkan layanan tersebut pada saat dibutuhkan.
Aktifkan koneksi WiFi ketika anda berada di area Free WiFi. Tentu saja fasilitas ini dapat dinikmati pada handheld yang ada feature Wifi seperti 8320, 8810, 8820, 9000, 8900, 8220 etc. Caranya dengan masuk ke Manage Connections > klik Setup Wifi, kemudian ikuti langkah-langkah berikutnya sesuai dengan arahan menu di BlackBerry anda. Dan anda akan terbebas dari perasaan “terjebak” dalam roaming.

0 komentar: