Selamat Datang Di KDB Atau Di http://komodo-download.blogspot.com

Rabu, 05 Januari 2011

Google Nexus S Kinerja Memuaskan, Video Mengecewakan

Setelah merilis Nexus One yang diproduksi oleh HTC, Google kembali merilis piranti ponsel pintar berikutnya yang kali ini dikerjakan oleh Samsung. Tidak seperti Nexus One yang gegap gempita sewaktu diluncurkan, smartphone yang satu ini, Google hanya mengumumkan melalui sebuah postingan blog resmi perusahaan tersebut. Meski penjualan Nexus One tidak terlalu menggembirakan, Google berharap yang satu ini mampu memikat konsumen.

Piranti yang dinamai dengan Nexus S ini, sepintas secara desain mirip dengan buatan Samsung, yaitu Galaxy S. Bisa jadi, karena dikerjakan oleh perusahaan yang sama, kedua piranti ini memang sepintas mirip. Bahkan perangkat kerasn yang dibenamkan pun tidak terlalu berbeda jauh. Dengan mengadopsi sistem operasi Android 2.3 Gingerbread (kue jahe), Nexus S menjadi piranti pertama yang menggunakan OS versi tersebut.

Desain candybar Nexus S tidak terlalu istimewa dan 'umum', bisa jadi karena piranti ini 'mencontek' Galaxy S, sehingga berkesan tidak istimewa dan terlalu umum. Casing hitamnya secara keseluruhan menggunakan plastik dengan dimensi ukuran 63mm x 123.9mm x 10.88mm dan bobot 129g. Sementara layar yang ditanamkan berukuran 4 inci dengan resolusi 800x480 dan dibalut dengan teknologi layar Super AMOLED dengan Contour Display.

Penggunaan teknologi layar Super AMOLED ber-Countour Display pada Nexus S menghasilkan tampilan yang sangat baik, jernih, dan terang, serta dilapisi dengan kaca yang kuat, antigores, antidebu, dan antibekas sidik jari. Ukuran layarnya yang lebar juga mampu memberikan kenyamanan para pengguna dalam menonton dan menjelajah internet. Selain itu, Nexus S menyertakan dua kamera, depan dan belakang.

Untuk kamera bagian depan, piranti ini dibenamkan kamera berukuran 5 megapiksel dengan dukungan LED flash dan video. Meski mendukung video, pengguna tampaknya harus mengalami kekecewaan, karena video yang dihasilkan tidak mendukung video beresolusi tinggi atau HD (high definition), hanya mendukung resolusi 720 x 480. Sementara bagian depan, pirant Google ini dibenamkan kamera berjenis VGA untuk melakukan video call.

Kinerja Nexus S didukung prosesor Samsung Cortex A8 (Hummingbird) berkecepatan 1Ghz, RAM 512MB, dan memori internal 16GB, serta sebuah graphical processing unit (GPU) parsial. Bagi pengguna yang menghendaki penambahan kapasitas penyimpanan secara eksternal, bersiaplah untuk kecewa, karena Nexus S tidak menyediakan slot tambahan eksternal. 

Meski begitu, piranti ini sangat mumpuni dalam hal kecepatan dan kegiatan multitasking. Selain itu, sistem operasi Android yang digunakan pun memperkuat dukungan kinerja dari Nexus S tersebut. Nexus S, selain mendukung jaringan GSM, piranti ini juga didukung jaringan, seperti Wi-Fi, Bluetooth+EDR, A-GPS , EDGE, HSPA, serta Near Field Communication (NFC) secara built-in.

NFC sendiri merupakan fitur tambahan terdapat Android 2.3 (Gingerbread) untuk membaca barcode digital. Namun, teknologi yang satu ini kemungkinan besar tidak terlalu berguna untuk saat ini dan Anda bisa mematikannya untuk menghemat baterai. Gingerbread juga mendukung SIP/VoIP. Fitur ini memudahkan Anda untuk melakukan percakapan melalui internet tanpa aplikasi tambahan.

Untuk urusan kualitas suara dan musik, Nexus S dapat diandalkan, karena menghasilkan suara yang jernih dan kencang, meski dalam suasana yang ramai sekalipun. Selain itu, software dan aplikasi mobile versi terbaru Google juga sudah tertanam di dalamnya, seperti gyroscope, accelerometer, digital compass, browser, Google Search, Google Maps with Navigation (Beta), Mobile Instant, Voice Actions, Gmail, dan Google Earth. Nexus S juga bisa mengakses lebih dari 100,000 aplikasi dari Android Market. Nexus S sendiri dibenamkan baterai berkekuatan 1500mAh.

Secara keseluruhan kinerja yang dihasilkan oleh piranti yang satu ini cukup memuaskan, terutama dalam kegiatan multitasking, karena dukungan dari prosesornya. Disamping itu, sistem operasi yang digunakan serta fitur yang cukup beragam memberikan nilai tambah tersendiri. Namun, Nexus S cukup mengecewakan terkait dengan dukungan video. Meski begitu, kekuarangan tersebut tertutupi oleh kualitas audio yang jernih dan kencang.

Spesifikasi:

Jaringan: GSM 850/900/1800/1900, HSDPA 900/2100;
Dimensi: 63 mm x 123.9 mm x 10.88 mm;
Bobot: 129 gram;
Layar: Countour Display 4 inci Super AMOLED (800 x 480 piksel);
Prosesor: amsung Cortex A8 (Hummingbird) 1GHz;
OS: Android v2.3 (Gingerbread) with SIP/VoIP;
Kamera: Dual kamera, 5MP with LED Flash dan kamera VGA; 
Memori: Internal 16GB, 512MB RAM, no eksternal slot;
Konektivitas: 3G, GPRS/EDGE, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v2.1 + EDR, microUSB v2.0, NFC;
Fitur Lain: Accelerometer sensor, Proximity sensor, Stereo FM Radio + RDS, Browser HTML, Adobe Flash Lite, Email, Push Email, IM, Games, GPS, Java MIDP 2.0, Digital Compass, MP3/MP4 Player, Video Player, Video Recording, Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Google Talk, Facebook, Twitter, MySpace, Document Viewer, Photo Viewer/Editor, Organizer; 
Baterai: Li-Ion 1500mAh.

0 komentar: